Saturday, January 26, 2008

I Hate Uniform



Pagi yang sama saat kubuka mataku
Semuanya tampak sama saja
Selesai sholat, aku sarapan, memakai pakaian yang sama warnanya
Itu saja dari hari ke hari

Kalian tahu sahabat?

Uang ternyata bukan segalanya
Kedudukan telah menipu kornea mataku
Dasi yang melilit hanya membuatku nampak semakin bodoh
Dan warna seragamku?
Jika saja kalian tahu…
Tak jauh berbeda dari warna kotoran ternak

Kalian tahu sahabat?

Aku benci terkungkung di balik jeruji
Aku jijik dengan omongan yang berbunyi “tantangan karir”
Aku jijik dengan mereka yang tersenyum dengan congkak
Membanggakan nama mereka yang tertera di dada.

Aku ingin menjelajah Khatulistiwa
Aku ingin melintasi batas Zenith
Aku ingin mempelajari rasi bintang
Pegasus, Andromeda, Scorpius, Casiopeia, Orion, Camelopardalis, Auriga

Aku ingin menyusuri padang tak berujung
Aku ingin terhempas ombak Pasifik dan Atlantik
Aku ingin merangkul mereka yang terpencil
Aku ingin menjelajah Dunia

Kalian tahu sahabat?

Enam tahun di SD
Tiga tahun di SMP
Tiga tahun di SMA
Semuanya mengenakan seragam
Semuanya membuatku terbelenggu
Aku mirip keledai dungu berjejer menunggu barang untuk kuangkut

Cukup! Cukup sudah dua belas tahun!
Tak lagi aku sudi disamakan seperti anak-anak keledai dungu

No comments:

Powered By Blogger